Perjalanan Kampung Jarakosta



Ada yang tahu tentang Desa Danau Indah? Desa yang terletak di Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi ini lebih dikenal dengan sebutan Kampung Jarakosta. Posisinya persis sebelah kawasan industri MM2100.

Berbicara masalah nama daerah tak lepas dari sejarahnya, begitupun dengan Desa Danau Indah. Meskipun literatur yang didapat sangat sedikit, admin mencoba merangkum dengan data yang ada.


Dulunya Desa Danau Indah dinamakan dengan Kedung Goong. "Kedung" diartikan sebagai lapangan yang luas. "Goong" dalam Kedung Goong berarti gong atau alat musik yang berbunyi bila dipukul. Konon gong tersebut adalah gong emas yang terletak di tengah lapangan (kedung). Namun jika mengacu pada istilah "kedung" di daerah-daerah lain, "kedung" adalah tempat terdalam pada aliran sungai.


Seiring berjalannya waktu tempat tersebut disebut juga Jarakosta yang memiliki cerita lain. Konon di wilayah tersebut memiliki pohon jarak yang sangat besar yang tumbuh di tengah lapangan. Hingga akhirnya Jarakosta dijadikan sebagai nama kampung sampai sekarang.


Danau Indah sendiri memiliki arti danau yang sangat indah. Dulunya terdapat danau di daerah tersebut. Desa Danau Indah merupakan pemekaran dari daerah Desa Sukadanau dan Desa Jatiwangi Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi pada tahun 1980.


Sayangnya semua sudah menjadi kenangan. Saat ini sudah tidak ada lagi pohon jarak yang sangat besar atau danau yang sangat indah. Seiring berkembangnya zaman Jarakosta terkikis oleh pembangunan industri. Bahkan MM2100 dulunya adalah bagian dari Kampung Jarakosta. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar