Piknik di Antara Ratusan Buaya di Taman Buaya Indonesia


MerahPutih Wisata - Kota Bekasi memiliki destinasi yang menarik. Terletak di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi, terdapat suatu tempat penangkaran ratusan buaya bernama Taman Buaya Indonesia Jaya.
Dengan luas tanah sekira satu hektar ini, Anda bisa melihat tiga jenis buaya yang berasal dari tiga wilayah di Nusantara yaitu buaya kalimantan selatan, buaya palembang sumatera dan buaya irian jaya. Buaya kalimantan selatan adalah jenis buaya yang biasa hidup di air laut.
"Kalau buaya yang kalimantan biasanya hidup di air laut. Tapi bisa juga di air tawar," ucap Warsidi (42), salah satu pengurus penangkaran buaya kepada merahputih.com, Minggu (31/1).
Di sana terdapat sekira 500 buaya yang dipisah di lima kandang yang berbeda. Selain itu, terdapat pula tempat khusus bagi yang ingin melihat atraksi debus dan pertarungan antara manusia dengan buaya.
"Dulu atraksi tersebut bisa dilihat setiap hari libur atau hari Minggu. Tapi sekarang sebulan paling sekali. Apalagi pawangnya lagi mengurus istrinya di rumah sakit," ujarnya.
Selain bisa melihat buaya secara dekat, Anda juga bisa berrekreasi di taman-taman yang telah disediakan. Ada juga dua kandang untuk dua ekor moyet abu-abu.
Saat masuk ke penangkaran buaya, Anda akan disambut dengan sebuah patung buaya besar di halaman depan, bersebelahan dengan parkiran mobil dan motor. Di tempat wisata yang dibangun pada tahun 1990 ini, Anda juga bisa membeli souvenir khas Taman Buaya Indonesia Jaya seperti tengkorang monyet, atau buaya yang telah diawetkan.
Bagi yang ingin mengajak keluarga untuk datang ke sana, Anda hanya merogoh kocek sebesar Rp20.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.
Namun sangat disayangkan, penangkaran buaya yang awalnya berada di daerah Pluit, Jakarta Utara ini memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan. Beberapa buaya memiliki kecacatan di tubuhnya. Bau yang kurang sedap pun terkadang tercium saat mendekati kolam berisi buaya. Selain itu, sarana rekreasi anak pun sudah karatan bahkan ada yang tidak bisa digunakan. (yni)

http://indonesiana.merahputih.com/wisata/2016/01/31/piknik-di-antara-ratusan-buaya-di-taman-buaya-indonesia/38003/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar